Sejarah SLB/B Pangudi Luhur (singkat)

7 03 2008

Br. Alcuino
Br. Alcuino (Alm) – Pendiri SLB/B Pangudi Luhur

Sejarah telah mencatat bahwa pada tanggal 1 Agustus 1983, secara resmi SLB/B Pangudi Luhur berdiri, dibuka dan mulai. Andil dalam hal perencanaan tempat, system, dan peralatan sekolah, yaitu Bruder Alcuino (Alm), Br. Honoratus, Br. Yosefo (dari Belanda) dan Yayasan Pangudi Luhur Pusat. Pada awal mulanya mengontrak sebuah rumah tinggal (Bruderan Karitas) di Jl. Semeru I/4 Grogol, Jakarta Barat, persis di depan empang Gembira.

Murid angkatan I (th.1983) ada 19 orang, yang sebagian besar limpahan dari Taman Latihan Observasi SLB Santi Rama.

Penerimaan murid baru angkatan I, ditangani sendiri oleh Br. Alcuino (alm) alias Opa bagi anak-anak. Dialah yang disebut Sang Pioneer MPR (Metode Percakapan Reflektif), karena dalam dialah sebuah pengalaman menjadi guru anak tuli selama 16 tahun di Belanda, Kepala SLB/B Pangudi Luhur yang pertama dan sekaligus pembina. Selanjutnya silih berganti Br. Petrus Pajian, Br Anton Marsudiharjo, Br. Anton Subarto, Br. Petrus Ponidi, Br Bambang Nugroho (sekarang – selaku Direktur LPATR Pangudi Luhur).

Pada tanggal 13 April 1984, atas dasar perizinan dari Bapak Gubernur DKI Jakarta dan Kakanwil Depdikbud DKI Jakarta, diselenggarakan upacara peletakan batu pertama pembangunan gedung SLB/B Pangudi Luhur, yang berlokasi di Jalan Pesanggrahan, Kembangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Bertindak selaku peletak batu pertama, Br. Redemptus FIC, (Provinsial Bruder FIC di Indonesia).

Pembangunan memakan waktu hanya 9 bulan, sehingga pada tanggal 25 Januari 1985 selesailah sudah gedung baru SLB B Pangudi Luhur Fase I. Hari itu terjadi serah terima gedung dari PT. Kwinto Viratus kepada Yayasan Pangudi Luhur. Selanjutnya tanggal 26 Januari 1985 diadakan kerja bakti pemindahan barang-barang dari Grogol ke Kembangan dengan menggunakan truk.

Untuk informasi selengkapnya, SLB/B Pangudi Luhur.

Regards,
Paulus (Alumni SLB/B Pangudi Luhur)


Actions

Information

10 responses

7 03 2008
Kehidupan Tunarungu 1 (TK) « Paulus Ganesha Aryo Prakoso

[…] Baca juga: Sejarah SLB/B Pangudi Luhur (singkat) […]

11 03 2008
Rinda_cooL

ooo… baru tau aku nih ttg sejarah… maklum cuma 3 tahun di sd PL.

hehehe…

18 03 2008
Paulus

@rinda
Oooo … aku ga tau kalau kamu di sana 3 tahun …

26 04 2008
Fellina

terima kasih atas kebaikan yang telah diberikan SLB/B pangudi luhur,aku disana hanya TK dan SD.sampai sekarang aku ga akan lupakan sekolah ini,karena berkat jasa para guru sekolah ini aku bisa menjadi orang yang mandiri dan berkembang.semoga sekolah ini tetap berdiri dan membantu anak2 tunarungu yang laennya… bye2

7 10 2009
Paulus Ganesha Aryo Prakoso

Iya makasih atas dukungan nya, Fellina .. kamu juga semoga sukses ..

7 10 2009
sr gemma HK

Halo ….Paul apa kabar, kamu hebat sekarang ya…. ingat tidak dengan Sr.Gemma HK, dulu guru SLB PL di TLO, Bagaimana tentang cerita temanmu Budi yang Suster dengar sudah menininggal… Kamu sudah menikah…..Ha…ha…ha…banyak pertanyaan Suster ya…..

7 10 2009
Paulus Ganesha Aryo Prakoso

Hai saya baik2 saja .. thanks, Sr. Gemma … dan bagaimana suster? pasti sehat2 yeah … Iya 3 Oktober 2008, Almarhum Budi telah berpulang pada BAPA. Karena sakit darah tinggi kalau tidak salah. Thanks telah mampir blog saya yeah …

19 04 2011
gusthy

ada asrama ngak di slb pangudi luhurnya karena kami dr luar kota

19 04 2011
Paulus

Iya ada.

28 07 2011
Praditya Pratama

OOOOO ini ya pendirinya baru tau padahal udh 9 Taun di PL semoga pelayanan dari PL makin maju GOD BLESS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: